TLOGOWARU MERAKURAK TUBAN

TENTANG AREK TLOGOWARU BLOG'S (ARTLEG BLOG'S). DAN LATAR BELAKANG SEJARAH.




 ilustrasi gambar dari gogle

            Assalamu'allaikum wr.wb.

Selamat datang dan terimakasih di Situs atau Weblog Artleg Blog's yang sederhana ini, Allhamdulillah puji syukur kehadirat Allah Swt yang telah memberikan taufik hidayah serta rahmatnya kepada segenap umat manusia dialam jagat raya ini. Serta tak luput penulis ucapkan kepada junjungan nabi besar , nabi Agung, nabi akhir zaman yaitu nabi Muhammad saw yang telah memberikan jalan kebenaran kepada umat manusia dari jaman jahiliyah menuju jalan terang benerang yaitu dinul Islam. Sehingga penulis atau atmin blog ini dapat kembali memperbarui, eksis didunia Maya untuk melanjutkan Niat serta tekat dalam bidang informasi Dan turut berbagi untuk negeri.


 Ingsya Allah Penulis semaksimal mungkin akan mengangkat dan mencari tahu sejarah  Desa Tlogowaru Dan Asal usul nama Tlogowaru yang telah terjadi dimasa Lampau dan mengabadikan dalam bentuk "oretan" serta kegiatan masyarakat, kegiatan karang taruna, karya anak desa Tlogowaru Dan seputar kabar Dan info lainnya disitus atau webblog yang sederhana ini.

 Harapan penulis semoga kelak blog atau situs yang sederhana ini bisa dijadikan bahan reverensi generasi selanjutnya Dan bermanfaat bagi penulis khususnya karena penulis tipe orang pelupa makannya penulis menulis dalam bentuk "oretan" hehehe serta para pembaca yang budiman yang senantiasa Membaca setiap postingan yang penulis terbitkan di situs yang sederhana ini.

 Tak lupa penulis ucapkan terima kasih kepada para informan Dan sahabat sahabat yang membantu mencari Sumber Sumber tarkait dengan sejarah desa. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan adapun kekurangannya merupakan keterbatasan penulis karena penulis hanyalah manusia biasa yang harus banyak belajar terhadap lingkungan pergaulan bermasyarakat.



SEJARAH DESA TLOGOWARU


  Setiap desa atau daerah pastilah memiliki sejarah dan latar belakang masing masing terdiri yang merupakan ciri khas atau karakter tertentu dari suatu daerah tersebut, Sering kali tertuang dalam bentuk cerita atau dongeng dari sesepuh terdahulu, Begitu juga halnya dengan cerita yang terjadi pada asal mulanya desa tlogowaru.

Namun pembukuannya didesa atau Daerah lokal yang secara tertulis dari masa Dulu seringkali tidak ada pembukuannya secara pasti Dan juga masih minim orang yang membukukannya . Sehingga Penulis merasa tergugah Dan tertantang untuk melakukan observasi ketempat tempat yang dianggap penting Dan mencari informan atau nara Sumber terkait dengan Hal ini.

 Dewasa ini, Desa Tlogowaru yang Penulis  ketahui sekarang ialah dimana desa ini dekat dengan perbatasan desa Temandang sebelah Timur, Desa Tobo sebelah utara, Desa Kasiman sebelah Barat dan Sumber arum dan Juga dekat dengan pabrik semen milik negara yang bernama PT. Semen Indonesia Tuban berada diselatan desa tlogowaru. Dibagi dua dusun, dusun Tlogowaru sendiri Dan dusun mbogor sebelah barat desa Tlogowaru.


 Secara letak geografis desa Tlogowaru berada pada kecamatan Merakurak kabupaten Tuban provinsi Jawa timur Indonesia, Berada pada GARIS LINTANG 6.85393S dan GARIS BUJUR 111.911T
Dari Surabaya sekitar Tiga Jaman, Dari kabupaten Tuban kurang lebihnya Lima belas menitan, dari kecamatan merakurak sekitar sepuluh menitan dengan berkendara sepedah motor.


 Asal mula nama Tlogowaru seperti yang diceritakan masyarakat pada umumnya yang berdasarkan " mulut kemulut". Dari orang orang terdahulu Dan penulis mencoba menanyakan sejumlah masyarakat yang penulis anggap penting untuk memperkuat penulisasan cerita asal usul sejarah tersebut.

 Konon pada zaman dahulu sekitar tahun 1600 yang lalu orang pertama yang tinggal didesa ini bernama mbah "Riko", ada yang juga yang bilang mbah "Loko". Sekitar zaman itu bertepatan dengan awal masuknya Bangsa Belanda datang ke Indonesia untuk berniaga.
Tahun 1601sekitar tahun itu juga tuban menjadi peranan penting dalam sejarah pelabuhan pada waktu itu tuban masih dipimpin bupati wilwotekto ayah dari raden sahhed atau bisa kita kenal Sekarang ini sunan kali jogo. Artinya sekitar abad ke 17 masehi kurang lebih tahun 1600 tahun yang lalu desa tlogowaru sudah Ada tetapi keabsahannya cerita yang kami gali masih belum terbukti secara ilmiah. Dan Letak pusarannya yang kami coba tanyakan juga gak diketahui orang lenyap ditelan zaman seperti yang dikatakan masyarakat Desa Tlogowaru.


Berdasarkan peninggalan yang masih ada dan bisa diterima oleh Logika akal manusia secara yang kini masih ada Dan seringkali dibacarakan masyarakat pada umumnya, Nama Tlogowaru tersebut diambil dari danau yang banyak pohon Warunya tetapi danau itu kecil sehingga masyarakat menyebutnya Tlogo, Tlogo ialah sebuah danau yang kecil sedangkan Waru adalah nama Pohon yang daunnya seperti lambang cinta, Oleh anak anak muda sekarang dinamakan Tlagacinta untuk menyembunyikan identitas desanya didunia Maya kususnya hehehe.

 Bukti tersebut diperkuat adanya sebuah danau yang kecil berada diutara desa tepat berada disebelah belakang pemukiman warga, Dulu penulis salah dalam penyampaian ini. Waduk yang ada disebelah utara desa tersebut tepat berada diperbatasan utara desa Toba itu sebenarnya adalah milik badan pengairan daerah Dan bukan asal muasal nama desa tlogowaru yang berkembang sampai saat ini.

 Tapi penulis pribadi menyimpulkan mungkin waduk tersebut juga Ada kaitannya dengan danau yang Ada disebelah utara desa tepat dibelakang pemukiman warga karena antara Waduk Dan Danau yang kecil tersebut ditengahnya terdapat pohon bambu yang memisahkannya. Pohon bambu yang kini masih Ada tersebut untuk tanggul banjir pada saat musim penghujan Dan Banyak masyarakat yang bilang bahwa pohon bambu tersebut adalah hasil penanaman sendiri katannya.

Dan Sekarang bukan warunya yang Banyak melainkan desa tersebut hampir dikelilingi pohon bambu pohon Waru hanya tinggal nama tetapi masih Ada dalam hitungan tangan saja. Artinya pohon bambu belum Ada ketika nama tersebut dipakai sebagai simbol nama desa. Kalau zaman Dulu udah ada mungkin nama desa ini Tlagabambu bukan Tlogowaru hehe.


AKTIVATAS DAN KEGIATAN LAINNYA


 Dimanapun kita tinggal tak luput dengan aktivitas serta kegiatan kegiatan lainnya berupa kejadian kejadian yang terlihat mata kita secara langsung maupun yang kita dengar dalam bentuk cerita cerita masyrakat yang patut kita lestarikan Dan kita abadikan dalam bentuk tulisan sehingga kita dapat mengambil hikmahnya dikemudian hari, Agar menjadi pribadi yang lebih dewasa serta mengerti asal usul dari mana kita berasal.

 Begitu juga halnya desa tlogowaru Sama dengan desa desa lainnya desa Tlogowaru juga mempunyai aktivitas kegiatan dibawah bendera karang taruna serta masyarakat pada umumnya Dan juga mempunyai kegiatan meliputi Sosial, Budaya, Politik. keagamaan, kesenian Dan lain lainnya. Inilah yang membuat penulis tergugah berinisiatif membuat situs atau webblog seperti desa desa lainnya yang lebih maju dalam dunia webblog.



Demikianlah sekilas tentang "ARTLEG BLOG'S" Arek Tlogowaru Dan "Sejarah Desa Tlogowaru Merakurak Tuban" , semoga Situs atau weblog yang sederhana ini yang masih acak acakan kelak bisa memberikan informasi dan sejarah bagi generasi selanjutnya terkusus bagi yang tinggal di Desa Tlogowaru . Dan juga para pembaca yang budiman ini.





ARTLEG BLOG'S "Arek Tlogowaru juga Ngeblog Kang" . Hehehe

 TLOGOWARU MERAKURAK TUBAN



"Terkadang kita harus menengok kebelakang untuk mempertahankan posisi didepan begitu juga sejarah dikenang bukan untuk ditangisi namun diperjuangkan demi mempertahankan posisi kemerdekaan".


"Satu sapu lidi mungkin tak akan bisa membersihkan segumpal sampah selapangan secara cepat, Namun jika terikat dalam jumlah Banyak itu lebih sempurna.
seperti halnya satu orang tak akan mampu untuk mengumpulkan arsip data secara cepat Dan tepat, Namun jika ada yang bersedia itu bagus namannya". Hehe. Bersambung





   "Wassalammualaikum wr.wb"





OLeh    : JUNAIDI
Mael     : junaidi.net74@gmail.com
Sumber : Berbagai Sumber dunia Maya Dan dunia Nyata.

Salam Newbie-_ Saran Dan kritik maupun lainnya yang bersifat membangun silahkan di kolom komentar atau bisa juga di Kang mail . Karna kritik Dan saran anda sangat membantu dalam perkembangan situs Dan weblog ini untuk memperbarui secara berkala .


                    Tlogowaru,27 November 2015

Komentar

  1. Wkwkwkwkwkw..........
    Ws tk add tok blog'q

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasihhh gannn kunjungannya wkwkkwkwkkw
      Maaf semintiri q rung iso add mbalekkk meneng2 master weblog tibak e kuuuuaaadall kii .

      Hapus
  2. mung kalau ada waktu kita bisa ngobrol2 mas djoe....tentang sejarah tlogowaru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okay Kang "Raspati" kutunggu kedatanganmu hehehe.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TONGKLEK KAKANG MBOK

Impeksi Menjelang Tidur CCT Punya Cerita