TONGKLEK KAKANG MBOK

 "TONGKLEK KAKANG MBOK"

  TONGKLEK KAKANG MBOK Adalah PAGUYUBAN Seni Musik TRADISIONAL Sekaligus WadAh Memper ERAt TALI PErSAUDARAAN masyarakat TLOGOWARU Disinilah Mereka Berkumpul Bersenda Gurau , Paguyuban TONGKLEK KAKANG MBOK Merupakan Salah satu Group TONGKLEK diwilayah Jawa Timur Indonesia Beralamat DiGANG 05 RT,03 RW,02 Desa Tlogowaru Merakurak kabupaten Tuban Didirikan pada Tanggal(,,,) Dikepalai oleh KhOSNO SIMAK TUPANG meneger sekaligus TANGGUNG Jawab crew ROMO WIJOYO alias Bpk.SUDIRAN selaku ketua Rt 03 setempat dan DIdukung oleh Masyarakat.



TONGKLEK sendiri adalah Tradisi Membangunkan Warga untuk Mempersiapkan makan sahur saat Bulan PUASA dengan suara kenthongan dari bambu. Biasanya Warga melakukan Dengan cara Bergerombol, Ramai-ramai keliling kAMPUNG, Secara bersamaan Mereka Memukul Alat Tradisional orang Ronda berupa Kenthongan dari bambu dan di tambah alat alat dapur Lainnya Namun dari kejauhan kalau didengarkan Hanya Terdengar Suara kentongan Aja sehingga muncul suara Tong dan Klek mungkin didaerah Lain Musik PATROL, Konon budaya ini Ada Sejak zaman Walisongo, dan Hingga saat ini upaya untuk Melestarikannya pun masih kuat, Perkembangan Zaman kini Musik Tradisional TONGKLEK tidak hanya Sekedar Membangunkan orang Sahur dibulan Suci Romadhon Namun Banyak Yang Menjadikan Musik ini Sebagai Sarana Hiburan Yang murah meriah untuk Mengisi acara acara Seperti pernikahan,Ulang Tahun,khitanan dan lain lain, Biasanya Mereka menambahkan dengan musik yan modern seperti Gitar,Piano,Ketipong tergantung kekreatifan pemainnya , kembali ke TONGKLEK KAKANG MBOK !!!




 Ciri khas TONGKLEK KAKANG MBOK pada saat Pementasan Menampilkan LAWAk seperti OVJ ketika Ditengah Tengah Acara Berlangsung Saat Itulah CREW Musik berhenti Sebentar sampai LAWAKANNYA selesai, Menjadikan Suasana Penonton bersorak tertawa lepas ketika CREW pemain lawak Berada diatass panggung. Pemainnya yaitu SUNARDI sebagai KANGMBOK , ROMO WiJOYO sebagai anak KANGMBOK yang tak Pernah Lulus sekolah ,SUJUD sebagai anak yang bisa menirukan suara suara Binatang , Pak SUTARI sebagai MR.KAMPRET . Group TONGKLEK inilah Yang Pertama Kali Memiliki Selingan Humor tidak Hanya Menampilkan Musik Yang Tradisional dan penyanyi yang cantik cantik namun Ada Sedikit komediannya.

 Walau tongklek ini Belum Pernah mengikuti Lomba Yang diadakan oleh Bupati Tuban dan Juga Lomba Lomba Lainnya Namun Eksitensinya mampu menggetarkan kota soto LAMONGAN dan di Terima dipasar tongklek masyarakat pada umumnya.

DEMiKIANLAH sekilas profil tentang " TONGKLEK KAKANG MBOK " Waktu dan Tempat saya kembalikan Ke Mbok SUPI faNs BERATNYA TONGKLEK KAKANG MBOK. Hehehhhe

Komentar

  1. Wah nice post!

    Anyway main-main ke blog saya yaa gan...

    http://www.diahsally.com/2016/10/5-hal-yang-wajib-dilakukan-agar-buku.html

    Salam kenal....

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Impeksi Menjelang Tidur CCT Punya Cerita

TLOGOWARU MERAKURAK TUBAN